Kamis, 08 September 2011

Lisan





Bismillahirrahmanirrahim...

~~~** LISAN **~~

      Lisan merupakan salah satu nikmat Allah yang sangat besar , halus dan penuh selubung (misteri). bentuknya kecil, namun amat besar pengaruhnya terhadap hal-hal yang positif maupun negatif . ketauhilah bahwan iman dan kufur tidak akan bisa nampak kecuali dengan persaksian lisan. sedangkan iman dan kufur merupakan puncak dari kepatuahn dan kedudukan lisan.


      Barangsiap suka memanjakan lisan dengan aneka macam kemanisannya serta membiarkannya lepas tanpa kendali, mak setan-setan itu akan berjalan mengiringi langkahnya kemana ia pergi, serta mengiringnya ke tepi jurang kesesatan dan menggelincirkan dirinya. akhirnya ia pun masuk kelembah kehinaan.

      manusia juga tidak akan selamat dari kekejaman lisan, kecuali mereka yang mengikat lisannya dengan kendali syariat, serta tidak emngatakan kecuali dengan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya untuk kepentingan dunia dan akhirat. lalu mencegeh lisannya dari setiap bahaya yang ditakuti pada masa sekarang maupun masa yang akan datang.

MAN SHOMATA NAJAA
"barangsiapa diam, niscaya akan selamat". (HR. Tirmidzi)

ASHSHUMTU HUKMUN WAQOLIILUN FAA'ILUHU
"Diam adalah kebijaksanaan, dan sedikit orang yang mampu melakukannya". (HR. Abu Manshur ad-dailami


      Ada yang meriwayatkan bahwa Uamr ibn Khattab r.a pernah melihat Abu bakar r.a tengah menarik lidahnya. laluUmar bertanya, "Apa yang engkau lakukan, wahai khalifah Rasulullah ? Abu bakar menjawab "Inilah yang menyeretku ke lembah kebinasaan !

Rasulullah bersabda :
LAISA SYAIUN MINALJASADI ILLA YASYKUU ILALLAHIL LISAANA 'ALA JIDDATIHI
"Segala sesuatu dari jasad ini akan melapor kepada Allah tentang lisan karena ketajamannya. HR. Ibnu Abi Dunya, Abu Ya'ala, Daruquthni dan Baihaki.

Rasulullah bersabda;
AKHZIN LISAANAKA ILLA MIN KHOIRI FAINNAKA BIDZALIKA TAGHLIBUSY SYAITHOONA
"Tahanlah lisanmu, kecuali untuk kebaikan. dengan demikian engkau dapat mengalahkan setan. (HR.Abi Said dan ibnu Hiban. Hadits ini dianggap shohih.

INNALLAHA 'INDA LISAANA KULLI QOOILIN FALYATTAQILLAHA AMRU UN 'ALIMA MAAYAQULU
"aLLAH BERADA DI SISI LISAN ORANG YANG BERBICARA. MAKA BERTAQWALAH ORANG YANG MENGERTI APA YANG IA KATATAN .(HR. IBNU MAJAH)


      Saudaraku seiman marilah kita akan selalu menjaga lisan dari kata-kata kotor atau menacaci maki orang lain, yang dapat menyakitkan hatinya. Jagalah selalu lisan kita untuk menghujat orang lain atau merendahkan orang lain, yan belum tentu orang itu lebih rendah dari kita. semoga kita tetap menjaga lisan kita agar terpancar cahaya kalbu yang selalu bersinar dalam pancaran akhlakul karimah.



Billahi Fii Sabilil Haq........ Assalamu'alaikum wr wb ^_^
Oleh : Eka Purnama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar